Hunian Terindah

Ide Tentang Tata Ruang Rumah dan Tips Dekorasi Rumah

LightBlog

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri - Lantai kayu atau parket berasal dari istilah berbahasa asing, yaitu : parquette. Parquette bera...

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri - Lantai kayu atau parket berasal dari istilah berbahasa asing, yaitu : parquette. Parquette berarti menyusun potongan-potongan kayu untuk dijadikan penutup lantai. Pada awalnya lantai kayu terbuat dari bahan kayu solid (kayu utuh), pada perkembangan selanjutnya lantai kayu terbagi menjadi beberapa macam.

Ada berbagai macam tipe parket yaitu :

  1. Solid wood. Parket ini dibuat dari potongan-potongan kecil kayu. Seluruh body parket ini berasal dari satu jenis kayu saja, antara lain: jati, sonokeling, merbau, oak dan lain-lain.
  2. Engineering parquet. lapisan atasnya hanya berupa lapisan tipis (veneer) sedangkan bagian bawahnya dapat berupa jenis Multiplek atau ply wood atau sering juga disebut kayu lapis. Dengan proses engineering, Veneer ini di tempelkan pada salah satu permukaan multiplek. Proses penempelan ini menggunakan mesin industrial khusus dan bahan lem yang berkualitas tinggi sehingga mendapatkan daya rekat yang sangat kuat dan tahan terhadap air. Hasilnya parket Engineer ini bisa dijual dengan harga yang lebih murah.
  3. Laminate parquet. Laminate Parquet dibuat dari serbuk kayu, atau potongan-potongan kayu berkualitas yang kemudian digiling menjadi serbuk. Setelah menjadi serbuk, kemudian di press menggunakan mesin hot press dengan kekuatan di atas 1 ton, dan menggunakan campuran bahan kimia untuk menyatukan serbuk kayu hingga menjadi lembaran papan yang selanjutnya disebut HDF High Density Fiber. Setelah menjadi HDF, kemudian salah satu permukaannya di tempel plastik yang bermotif kayu yang nantinya akan diporsikan untuk bagian atas parket. Setelah ditempel Plastik bermotif, kemudian di Laminating dengan menggunakan mesin Hot Press, dan dengan menggunakan plastik laminate. Ini adalah teknologi flooring baru dari Jerman.

 Untuk jenis tampilan kayu yang sangat mahal atau kayu langka diantaranya :

1. Kayu Oak,
2. Ebony
3. Maple
4. Afroomosia
5. Figured, dan lain-lain

Baca jugaProduk furniture interior terbaru.

Berikut ini cara memasang lantai kayu parket sendiri.

Alat dan bahan :

Parket
Gergaji
Meteran
Foam kusus parket
Pensil
Lakban / selotip
Palu karet

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri

Cara Pemasangan :

1. Persiapan parket

  • Biarkan parket selama 1 hari sebelum pemasangan untuk menyesuaikan suhu muai kayu pada ruangan.
  • Buka dan bersihkan parket dari debu menggunakan kain, disarankan menggunakan furniture polish agar lebih halus.
  • Sebelum pemasangan ukurlah ruangan dan potong parkit sesuai kebutuhan dengan model zig-zag seperti halnya ubin.

2. Persiapan ruangan

  • Bersihkan lantai agar merata.
  • Pasang foam menggunakan lakban/selotip pada tiap sisi untuk menahan foam agar tidak bergeser.

3. Pemasangan parket

  • Pemasangan parket menggunakan sistem klik, yaitu mengaitkankan sisi parket yang berlidah ke sisi parket yang berlubang. Tidak perlu menggunakan lem.
  • Pasang spacers/rubber pad di tiap pertemuan lantai parket dengan dinding.
  • Pukul parket saat mengaitkan menggunakan palu karet, agar tidak merusak parket.
  • Setelah semua terpasang ratakan lantai parket menggunakan palu karet. Selesai.

Apabila ingin menambah fariasi, pasang lis pada pertemuan dinding dengan lantai parket. Gunakan lem perekat (PVAc) untuk sambungan dan merekatkan ke dinding. Untuk menutupi rongga sambungan lis dengan lantai parkit anda bisa gunakan (sealant).