Hunian Terindah

Ide Tentang Tata Ruang Rumah dan Tips Dekorasi Rumah

LightBlog

Cara membuat taman rumah sendiri - Ingin membuat dekorasi taman rumah anda sendiri ? tanpa bantuan tukang atau lanskaper ? jawabannya bisa...

Cara Membuat Taman Rumah Sendiri

Cara membuat taman rumah sendiri - Ingin membuat dekorasi taman rumah anda sendiri ? tanpa bantuan tukang atau lanskaper ? jawabannya bisa dan tentunya tidak membutuhkan biaya mahal.

Mendesain taman rumah ternyata sangat mudah, hanya butuh imajinasi lebih untuk menemukan ide-ide menarik sesuai dengan yang anda inginkan. Tambahan refrensi anda dari berbagai informasi dan artikel berkaitan juga penting. Anda juga harus mengenal properti apa saja yang bisa aplikasikan nantinya, seperti batu kerikil, pot, lampu hias, rumput dan lain-lain.

Pemanfaatan lahan kosong di dalam rumah agar tidak terlihat gersang salah satu solusi yaitu membuat taman. Taman rumah di dalam rumah akan membuat anda seperti liburan di dalam rumah. Selain untuk memperindah tampilan eksterior rumah, taman juga berguna untuk kesehatan dengan penanaman tanaman yang bisa memperbaiki kualitas udara.


Berikut ini adalah Cara membuat taman rumah sendiri  :


Penggunaan taman pada umumnya bertujuan untuk membuat hunian nampak sejuk/rindang. Anda bisa mempersiapkan apa saja taman yang akan anda tanam, juga penggunaan rumput sangat berpengaruh untuk membuat taman menjadi nampak sejuk, selain sejuk rumah anda akan terlihat lebih bewarna jika ditambahkan bunga-bunga yang diisi dalam pot. selain efisien juga bisa dipindah kapanpun dimanapun. Selain membeli pot dengan harga murah, anda juga bisa membuatnya sendiri dengan barang bekas seperti kaleng atau botol.

Cara membuat taman rumah sendiri

Cara membuat taman rumah sendiri

Cara membuat taman rumah sendiri


2. Pertimbangkan luas area tanah.

Pertimbangkan luas tanah anda - hal pertama ini sangat penting untuk memilih dari mana anda akan memulai, karena luas tanah akan membentuk konsep properti apa saja yang nantinya akan anda tampilkan. 

Jika tanah anda luas, anda bisa menjadikan taman sebagai alternatif tambahan untuk tempat berkumpul keluarga atau area bermain anak-anak. Dengan  menambahkan meja garden, kursi, meja makan atau ayunan. Membuat jalan berpijak dari batu maupun hiasan lampu. 

Cara membuat taman rumah sendiri


Namun jika tanah anda tidak begitu luas, tidak masalah. masih ada banyak properti yang anda bisa tampilkan. Anda bisa membuat konsep taman minimalis. Caranya yaitu dengan meletakkan pot bunga yang anda buat dari pipa atau botol pada dinding, menambahkan rumput hijau, menata batu kerikil di sekitar area rumput. Tidak perlu banyak hiasan taman karena akan membuat sumpek, pilihlah tanaman-tanaman berukuran kecil saja.

Cara membuat taman rumah sendiri


3. Perhatikan tata letak tanaman.

Pilih tata letak taman pada rumah anda, ada berbagai pilihan diantaranya :
  • taman depan rumah. Biasanya penggunaan taman depan rumah terkesan untuk umum, pemanfaatan lebih ke visual dibanding aktual, Hanya menampakkan kesan segar dan hijau. 
  • taman samping rumah. Terkesan selain untuk pribadi juga untuk tamu yang ingin singgah. Peletakan taman pada dasarnya sesuai selera dan tema.  
  • taman belakang rumah, Penggunaan taman pada belakang rumah lebih ke sisi privasi untuk penggunaan pribadi juga keluarga besar tergantung dengan luas tanah anda nantinya.
  • taman indoor, peletakan taman indoor adalah diatas basemen atap atau di dalam rumah. Dengan memanfaatkan ruang kosong agar menjadi lebih indah dan segar. Peletakan seperti ini sekarang menjadi trend para ibu-ibu rumah tangga yang gemar mendekorasi rumah.
Cara membuat taman rumah sendiri
contoh taman depan rumah
Cara membuat taman rumah sendiri
contoh taman samping rumah
Cara membuat taman rumah sendiri
contoh taman belakang rumah
Cara membuat taman rumah sendiri
contoh taman indoor

4. Pilih tema yang sesuai dengan tampilan eksterior rumah.

Pemanfaatan luas tanah yang sempit untuk taman cenderung menggunakan konsep taman minimalis, penggunaan material pot pipa/botol bekas, penanaman rumput, peletakan batu kerikil menjadikan konsep sederhana namun jika peletakannya pas akan membuat ruangan anda nampak segar sempurna.

Jika luas tanah anda lebar anda lebih leluasa berimajinasi untuk tata ruang taman anda. Namun jangan terlalu muluk2 jika anda tidak mau budget anda terkuras hanya untuk taman. Anda bisa menambahkan properti meja makan, ayunan, kursi taman atau batu-batuan besar agar tercipta nuansa alami. 

Beberapa tema untuk taman yaitu tema klasik, taman moder, taman tradisional, taman gaya tropis, taman minimalis dan lain-lain. Pada dasarnya semua tema tersebut bisa di terapkan pada area luas maupun kecil. Namun yang harus diperhatikan peletakan properti dan jenis tanaman apa yang akan digunakan. Dengan memperhatikan dua hal tersebuat anda akan bisa mendekorasi taman sesuai keinginan.

5. Perhatikan drainase atau saluran air. 


Saluran air juga tidak kalah penting untuk membuat sebuah taman. Fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya air tidak menggenang. Jika sistem penyerapan airnya bagus, maka tanaman di taman akan tumbuh dengan baik dan subur. Kondisi tanah yang bagus untuk tanaman adalah kondisi normal, Jika tanah terlalu kering, maka tanah kurang memiliki usur hara sehingga tanaman sulit untuk tumbuh subur. Sebaliknya jika taman terlalu basah dan melesak ketika di injak, maka akan menyebabkan akar tanaman cepat membusuk.

Nah mudahkan, sekarang anda bisa praktekkan dirumah. Ingat cari konsep terlebih dahulu kemudian coba aplikasikan di rumah. Sekian, Semoga artikel ini bermanfaat.