Hunian Terindah

Ide Tentang Tata Ruang Rumah dan Tips Dekorasi Rumah

LightBlog

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Bawang putih adalah sejenis tumbuhan rempah-rempah kaya nutrisi yang melimpah disektor pertanian Ind...

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Bawang putih adalah sejenis tumbuhan rempah-rempah kaya nutrisi yang melimpah disektor pertanian Indonesia, bawang putih banyak kita jumpai di dapur untuk pelengkap bumbu masakan. Selain bisa membuat gurih masakan bawang putih juga mempunyai keunggulan lainnya loh. Mau tahu apa manfaat yang terkandung dalam bawang putih ?

Banyak yang tidak mengetahui kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang putih, anda ingin lenih sehat sebaiknya anda rutin mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah tanpa dimasak. Paling tidak dua kali dalam seminggu. Karena jika dimasak kandungan nutrisi bawang putih nanti akan hilang.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi bawang putih mentah :

1. Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok pastinya akan sangat merugikan kita dalam hal penampilan, mengkonsumsi bawang putih akan menurunkan resiko rambut rontok atau bahasa ilmiahnya penyakit autoimun. selain memakan secara mentah anda bisa membuat jel bawang putih dengan cara menumbuk atau blender halus. Setelah itu anda bisa mengoleskanya di permukaan kulit kepala. Mudahkan.

2. Menyehatkan Jantung

Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu pembuluh darah memompa darah ke jantung dan mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner.

Bagi anda yang mempunyai resiko serangan jantung di sarankan mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin dua kali seminggu. Sangat sederhana namun bermanfaat bagi kesehatan.

3. Menurunkan Resiko Kangker

Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif, yaitu berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak. senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. melindungi organ tubuh dari serangan zat karsinogen dan menangkal sel jahat.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tahukah anda jika mengkonsumsi bawah putih mentah minimal 10 gram setiap hari selama 2 bulan atau 42 hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menumbuhkan kolesterol baik serta meningkatkan imunitas tubuh.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Hipertensi

Kali ini bisa menjadi solusi untuk anda yang terkena hipertensi dan ingin menurunkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin akan mendorong pembulu darah terbuka lebar sehingga arus menjadi lancar tidak tersumbat. Hal ini akan membantu melegakan sirkulasi darah yang mengalir sehingga masalah Hipertensi bisa teratasi.

6. Meredakan radang dan pilek

Dahulu sebelum ada obat kapsul para sesepuh telah menggunakan cara ini untuk kesehatan. diantaranya meredakan radang dan pilek. Senyawa aktif allicin memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Otak 

Kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Ini bisa mencegah penumpukan plak yang berbahaya bagi sistem saraf pusat.

0 komentar: